Cara Merawat Kulit Berjerawat Secara Alami

Cara menghilangkan jerawat - Cara Merawat Kulit Berjerawat Secara Alami - Ingin memiliki kulit sehat bebas berjerawat? banyak perawatn yang bisa anda coba dan lakukan setiap hari dimulai dengan mencuci wajah yang benar, menjaga kebersihan kulit wajah, memakai masker wajah, menggunakan scrub, sampai dengan memakai pelembab. Kesemua hal itu mungkin ada beberapa yang wajib anda lakukan agar kulit wajah anda benar-benar terbebas dari jerawat yang membandel.

Cara merawat kulit berjerawat
1. Mencuci wajah berjerawat yang benar
Lakukan mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari.Hindari menggosok wajah terlalu keras, karena tidak akan membuat wajahnya menjadi lebih bersih, melainkan bisa menimbulkan iritasi. Akibatnya, jerawat di kulit wajah bisa semakin parah. Berikut ini tahapan mencuci wajah yang benar:
a. Mencuci tangan dengan sabun
Pastikan tangan Anda bersih dari segala kotoran setelah beraktivitas. Cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah.

b. Bersihkan sisa makeup
Pastikan Anda memakai makeup remover yang akan membersihkan sisa makeup di wajah dengan maksimal. Pakai kapas dan periksa detail sisa makeup di wajah.

c. Pakai air hangat
Pertama, perciki wajah dengan air hangat. Kemudian baru aplikasikan sabun muka. Setelah dimassage melingkar rata, baru bilas wajah dengan air dingin.

2. Menjaga kebersihan kulit berjerawat
Kulit yang berjerawat umumnya sering dialami oleh mereka yang memiliki kulit berminyak, dimana produksi minyak kulit terjadi secara berlebihan sehingga kotoran, debu, dan bakteri mudah menempel yang nantinya dapat menyebabkan terseumbatnya pori-pori penyebab jerawat. Mengontrol minyak pada kulit. Anda bisa menggunakan produk yang mengandung oil control untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

3. Memakai masker madu utuk kulit berjerawat
Asam salisilat adalah salah satu bahan utama yang sering Anda temukan dalam berbagai produk obat jerawat. Senyawa ini dapat digunakan untuk mengeluarkan kotoran yang tersumbat di pori-pori, mengurangi bakteri dan mengelupas sel kulit mati. Asam salisilat secara alami dapat ditemukan dalam stroberi. Sementara itu, madu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan. Haluskan stroberi bersama dengan madu dan aplikasikan masker itu pada wajah. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Melakukan scrub wajah untuk pengangkatan sel kulit mati (eksfoliasi)
Eksfoliasi atau pengelupasan kulit adalah bagian utama dari rutinitas perawatan kulit. Tapi, jangan terlalu sering atau sangat jarang. Jika terlalu sering, kulit bisa teriritasi dan membuat minyak alami kulit terlalu banyak terangkat yang memicu kering. Sedangkan bila sangat jarang melakukan eksfoliasi, maka yang terjadi adalah wajah jadi kotor dan kasar karena sel kulit mati yang terlalu banyak menumpuk. Eksfoliasi yang benar sebaiknya dilakukan sekali atau paling banyak dua kali dalam seminggu. Malam hari adalah waktu yang ideal untuk proses pengelupasan kulit, karena pada malam hari kulit Anda akan menghasilkan sel-sel kulit baru.

Resep scrub untuk wajah berjerawat
Resep scrub alami ini spesial dibuat untuk kulit wajah berjerawat dan tidak mengakibatkan iritasi dan kemerahan.
Oatmeal vs kunyit
Kunyit punya kemampuan anti bakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Ia juga mencegah peradangan sehingga tidak membuat kulit kemerahan dan iritasi.

Kombinasi oatmeal dan kunyit ini bisa menjadi masker terbaik untuk wajah yang ampuh mengatasi problem jerawat dan mencerahkan kulit.

Oatmeal vs madu
Masker paling populer untuk mengatasi jerawat adalah kombinasi madu dan oatmeal. Keduanya responsif terhadap jerawat dan sekaligus membuat kulit jadi lembut dan lembab. Campurkan dengan air mawar dan biarkan di wajah hingga 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Selain beberapa perawatan diatas anda juga perlu menjaga pola makan dan minum, pilihlah makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup dibutuhkan oleh tubuh, dan hindari makanan yang mengandung lemak jahat yang kurang baik bagi tubuh terutama kulit, selain itu anda juga perlu mejaga pola minum yang cukup dengan melakukan pola minum yang cukup maka kulit akan mendapatkan cairan yang digunakan untuk menjaga kelembapan dan kelenturan secara maksimal. Jika anda memiliki masalah jerawat batu baca artikel kami sebelumnya: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu Di Kulit Wajah.
Tags:

No comments:

Post a Comment


© Technology 2013 All rights reserved Template by Buhth