Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu Di Kulit Wajah

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Batu Di Kulit Wajah - Memiliki jerawat yang tak kunjung sembuh memang sangat menjengkelkan, apalagi saat kita tahu bahwasanya jerawat yang sedang kita derita adalah jenis jerawat bayu yang sangat sulit untuk disembuhkan, namun jangan kawatir beberapa informasi berikut bisa anda baca dan jadikan refrensi untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel, pada artikel ini akan kita bahas mengenai apa itu jerawat batu, cara menghilangkan jerawat batu, dan cara mencegah jerawat batu agar tidak muncul kembali.

A. Apa itu jerawat batu (Cystic acne)
Jerawat batu adalah keadaan muka berjerawat yang cukup parah. Gerombolan jerawat muncul di wajah yang menyebabkan rasa sakit dan bengkak. Bentuk jerawat yang kasar dan berwana kemerahan menghitam. Jerawat batu mengandung bakteri dan juga sel kulit mati serta sel darah putih didalamnya. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki: Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, dan memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

B. Cara menghilangkan jerawat batu
Obat sistemik yang kuat biasanya diperlukan untuk mengobati jerawat batu. Jerawat ini akan sulit untuk dikontrol. Jangan berkecil hati jika usaha pengobatan pertama gagal. Mungkin diperlukan beberapa percobaan untuk menemukan pengobatan atau kombinasi pengobatan yang tepat untuk Anda. Beberapa pengobatan umum untuk jerawat batu meliputi:

- Kontrasepsi oral - untuk wanita
- Antibiotik oral
- Suntikan kortikosteroid intralesi
- Isotretinoin
- Eksisi bedah dan drainase (dokter membuat sayatan kecil di kulit dan mengekstrak obat ke daerah yang terinfeksi).
Jerawat batu sedikit sulit untuk diobati, jika dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Namun tenang, Anda hanya perlu mengontrol makanan yang Anda konsumsi setiap hari dan pastikan bahwa Anda rajin membersihkan wajah sehingga debu tidak menempel di wajah.

C. Cara mengatasi jerawat batu secara alami
Sampai saat ini belu ada penelitian yang menyebutkan beberapa bahan alami dapat mengobat jenis jerawat batu, karena jerawat ini pada dasarnya disebabkan oleh bakteri yang berkumpul didalam pori-pori dan mengakibatkan peradangan, yang perlu anda lakukan adalah berkonsultasi pada dokter spesialis anda dan nantinya dokter akan memberikan antibiotik untuk mengobati peradangan.

D. Mencegah munculnya jerawat batu dengan menjaga kebersihan
Untuk mencegah munculnya jerawat batu anda bisa melakukan beberapa gaya hidup sehat seperti yang tertera dibawah ini:
1. Mencuci mukaJerawat muncul karena sel kulit mati menumpuk bersama minyak kulit, sehingga Anda perlu rajin membersihkannya untuk mengusir jerawat.

2. Tambah vitamin A
Vitamin A terkenal mampu menjaga kesehatan kulit dan mengontrol jerawat. Dapatkan asupan vitamin A dari sayuran berdaun hijau, ikan, sereal, wortel, tomat, paprika, dan blewah.

3. Mengganti sarung bantal
Segala kain yang terkena kontak dengan wajah sebaiknya Anda siapkan yang kondisinya selalu bersih.

4. Pakai make up seperlunya
Sebaiknya Anda pakai make up jika diperlukan saja. Sebab terlalu sering memakai make up membuat wajah tidak bisa bernapas dan kotoran menjadi menumpuk.

5. Rileks
Kebiasaan menenangkan tubuh jelas mampu menurunkan stres - salah satu penyebab jerawat. Apa hubungannya? Rupanya stres mengganggu sistem hormon, sehingga jerawat mudah muncul pada wajah.

6. Masker wajah
Anda bisa mengusir jerawat dengan membiasakan diri memakai masker buatan sendiri. Misalnya madu, yogurt, telur, atau minyak zaitun. Selain murah, bahan-bahannya mudah didapatkan dan aman untuk kulit.

Semoga beberapa artikel singkat ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah jerawat batu yang sedang anda derita saat ini, baca: Faktor Utama Penyebab Munculnya Jerawat Di Wajah.
Tags:

No comments:

Post a Comment


© Technology 2013 All rights reserved Template by Buhth