Lidah Buaya: Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Dengan Masker Aloe Vera

Lidah Buaya: Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Dengan Masker Aloe Vera - Pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara alami menghilangkan jerawat menggunakan lidah buaya, dari dulu sampai sekarang lidah buaya memang dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit dan penyakit, dan yang paling menggembirakan lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat membandel tanpa adanya efek samping.

A. Tentang lidah buaya
Lidah buaya dikenal memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu menyembuhkan bekas jerawat di wajah. Anda lebih disarankan untuk menggunakan gel dari lidah buaya segar dibanding gel lidah buaya instan yang banyak dijual di pasaran. Sebab, lidah buaya segar tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

B. Lidah buaya untuk menghilangkan jerawat
Lidah buaya diketahui mampu mengatasi radang pada kulit, baik karena luka bakar maupun luka memar. Jerawat yang memerah, bengkak dan sakit adalah tanda jerawat tersebut telah meradang. Gel lidah buaya mampu meredakan peradangan ini, menjadikan kulit Anda tidak nampak merah-merah dan jerawat berkurang sakitnya.

Jerawat biasa bisa menjadi radang dan menyebar apabila diperparah dengan hadirnya bakteri pada kulit akibat lingkungan yang kotor. Zat saponin dan senyawa antrakuinon yang merupakan zat anti bakteri pada lidah buaya menangkal keadaan tersebut. Mengoleskan daging lidah buaya pada jerawat berarti melindunginya dari serangan bakteri sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat dan tidak menyebar.

Selain kemampuan melindungi dan mengobati, lidah buaya juga punya fungsi merawat dan meregenerasi sel-sel kulit. Kemampuan inilah yang membuat lidah buaya mampu menyembuhkan jerawat tanpa meninggalkan bekas pada wajah.

C. Membuat masker lidah buaya untuk kulit berjerawat
Menggunakan tanaman lidah buaya untuk dijadikan sebgai masker kulit berjerawat sangatlah mudah. Ambil saja lidah buaya, kemudian belah, lalu ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya. Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat sekali dalam sehari kurang lebih selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Resep masker lidah buaya dan madu
Anda bisa menambahkan bahan lain ke dalam masker lidah buaya anda seperti madu, lemon, baking soda, mentimun dan lainnya yang juga dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati jerawat.
Bahan yang dibutuhkan: 
  • 1 sendok makan gel lidah buaya yang dapat diperoleh langsung dari tanaman lidah buaya atau dari toko kecantikan dan jika dari tokopastikan gel tersebut murni dan tanpa tambahan bahan kimia berbahaya.
  • 1 sendok makan madu (pilihlah madu mentah dan bukan madu yang terlah di fermentasi atau dipanaskan)
  • 1 mangkok bersih dan sendok
Untuk membuat dalam jumlah banyak usahakan perbandingan antara madu dan gel lidah buaya sama yakni 1:1.
Cara membuat:
  • Gabungkan madu dan lidah buaya kedalam mangkuk.
  • aduk rata dengan sendok.
  • ratakan masker lidah buaya di kulit yang berjerawat (wajah, dada, punggung, dan leher)
  • biarkan dan tunggu hingga 20 sampai 25 menit sampai benar-benar kering
  • bilas menggunakan air hangat dan tidak menggunakan sabun agar khasiat ludah buaya yang sudah menempel pada kulit tidak memudar.
 Semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk anda sekalian, baca artikel kami sebelumnya: Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dengan Baking Soda.
Tags:

No comments:

Post a Comment


© Technology 2013 All rights reserved Template by Buhth