Jenis-jenis Jerawat, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Cara menghilangkan jerawat - Jenis-jenis Jerawat, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya - Masa remaja adalah masa dimana sistem hormon didalam tubuh sering mengalami perubahan baik oleh faktor luar maupun dari faktor dalam, dan hormon tersebut diantaranya dapat mempengaruhi munculnya jerawat dikulit wajah. Jerawat biasanya muncul pada wajah, leher, punggung, dada, dan bahu. Jerawat bukan merupakan risiko kesehatan yang serius, meskipun jerawat parah dapat menyebabkan luka permanen. Jerawat juga dapat merusak penampilan wajah. Pada artikel kali ini akan kita bahan mengenai masalah jerawat dimulai dari jenis-jenis jerawat disertai dengan penyebabnya, dan bagaimana cara paling ampuh untuk mengobati jerawat yang muncul.

A. Jenis-jenis jerawat dan penyebabnya
Secara umum terdapat tiga jenis jerawat yang paling umum dialami oleh para remaja yakni komedo, jerawat biasa, dan jerawat batu.
Komedo
Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Jerawat biasa
Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

Jerawat batu (Cystic acne)
Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:

B. Penyebab munculnya jerawat
Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab munculnya jerawat, namun beberapa ahli mengatakan bahwa hormon yang disebut dengan androgen dapat memainkan peran utama penyebab munculnya jerawat, Androgen akan meningkat baik pada wanita maupun laki-laki dimasa pubertas. Hormon androgen akan mengakibatkan kelenjar minyak menjadi lebih besar dan dan membuat produksi sebum meningkat. Selain itu hormon ini juga akan meningkat apabila seseorang mulai mengkonsumsi pil KB.

Selain dapat disebabkan oleh hormon, jerawat juga dapat disebabkan oleh genetik seseorang atau dalam artian keturunan. Anda kemungkinan mewarisi kecendrungan kulit berjerawat dari keluarga anda.

Beberapa obat juga dapat memicu timbulnya jerawat seperi obat lithium, prednison, dan epilepsi. Selain itu kosmetik juga dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan mengakibatkan munculnya jerawat. Beberapa hal yang juga anda perlu perhatikan agar jerawat tidak semakin parah adalah jangan sering menggosok kulit, meremas benjolan, memakai helm, baju kerah, ransel atau lainya yang dapat berhubungan langsung dengan jerawat.

C. Cara mengobati jerawat
Untuk mengobati jerawat banyak cara yang dapat anda lakukan, mulai dari pergi ke dokter kulit, membeli obat-obatan jerawat yang banyak berada di toko obat dan kecantikan, dan menggunakan bahan alami yang caranya sudah bayak kita bahas di artikel blog ini. Selin itu yang paling penting hindari kebiasaan buruk yang menjadi penyebab jerawat dan lakukan gaya hidu sehat yang dapat mencegah dan mengatasi munculnya jerawat baru (info lebih lanjut baca: Cara Merawat Kulit Berjerawat Secara Alami).
Tags:

No comments:

Post a Comment


© Technology 2013 All rights reserved Template by Buhth