Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Teh

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Teh -Memiliki jerawat besar dan kemerahan memang sangat mengganggu, apalagi saat jerawat dipegang tersasa sakit mungkin akan membuat kalian bad mood, namun jangan risau, mungkin kalian pernah mendengar manfaat teh hijau, tidak hanya baik untuk kesehatan teh juga bermanfaat baik untuk kulit terutama menghilangkan jerawat yang membandel.

Menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI tahun 1991, dalam 100 gram daun teh terkandung bahan-bahan antara lain kalori 132, lemak 0,7 g, kasium 717 mg, besi 11,8mg, vitamin B 0,01 mg, air 7,6 g, protein 19,5 g, karbohidrat 67,8 g, fosfor 265 mg, Vitamin A 2.095 SI, Vitamin C 300 mg.

Manfaat teh untuk menghilangkan jerawat
Mungkin diantara kalian banyak yang bertanya, bagaimana teh bisa menghilangkan jerawat? namun jawabanyanya cukup sederhana, teh mengandung beberapa kandungan zat alami yang mampu mencegah timbulnya jerawat, serta mengatasi jerawat yang meradang. berikut ini ulasan lengkapnya seperti dikutip dari situs merdeka.com:
1. Menyeimbangkan hormon penyebab jerawat
Senyawa antioksidan dalam teh hijau akan meningkatkan molekul yang mengikat kelebihan hormon seks. Hormon ini juga bisa merangsang pertumbuhan jerawat. Minum teh hijau secara teratur secara tidak langsung dapat menyeimbangkan hormon yang dapat mengakibatkan jerawat tadi.

2. Menyeimbangkan gula darah dan insulin
Tahukah Anda jika gula darah dan tingkat insulin yang tinggi dapat merangsang timbulnya jerawat? Semakin tinggi kadar gula darah dan insulin dalam tubuh, semakin tinggi pula risiko terkena masalah kulit, salah satunya jerawat. Orang-orang yang mengalami masalah jerawat parah biasanya disarankan untuk mengganti pola makan mereka dengan mengurangi makanan dengan indeks glikemik dan karbohidrat. Konsumsi teh hijau secara teratur, menurut hasil sebuah studi dari Jepang dapat mengendalikan tingkat insulin dan gula darah agar tetap seimbang.

3. Membunuh bakteri penyebab jerawat
Teh hijau juga mengandung bahan antibakteri yang ampuh untuk melawan bakteri dan kuman penyebab jerawat. Kandungan antibakteri teh hijau akan membantu dalam membunuh mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

4. Melawan radikal bebas perusak kulit
Menurut Acne Einstein, teh hijau mengandung senyawa antioksidan katekin yang disebut polifenol. Lebih jauh lagi menurut Live Strong,teh hijau mengandung enam jenis katekin sekaligus, yaitu epicatechin gallate, epigallocatechin, epicatechin, gallocatechin, dan catechin. Dengan tingkat konsentrasi antioksidan yang tinggi tersebut, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin E dan C. Karena itulah teh hijau ampuh untuk melawan radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan sel dan bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Mengonsumsi teh hijau secara teratur maupun aplikasi teh hijau di kulit akan memberikan manfaat antioksidan ini untuk kulit Anda.

5. Meredakan peradangan jerawat
Menurut The University of Maryland Medical Center seperti dikutip Live Strong, senyawa katekin dalam teh hijau juga efektif sebagai bahan anti-inflamasi. Bahan ini diperlukan untuk mengurangi peradangan jerawat, dan secara otomatis meminimalisir bekas luka yang ditimbulkan oleh peradangan jerawat tadi.

Cara membuat masker jerawat dari teh
Bagi kalian yang hendak membuat masker teh untuk mengatasi jerawat di kulit wajah berikut ini resep yang sudah banyak dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil:

Bahan masker teh:
Ampas/sisa teh
50 ml air hangat

Cara memakai:
  1. Pulaskan seluruh sari teh tersebut ke wajah Anda dan ke bagian kulit yang jerawatnya meradang. Tepuk-tepuk lembut, jangan dimassage di bagian kulit yang meradang.
  2. Diamkan selama 3-5 menit.
  3. Bilas dengan air dingin.
  4. Rasakan kulit Anda yang lembab, nyaman, dan kenyal. Dalam beberapa hari, jerawat akan mereda dan kondisinya membaik. Hindari memencet jerawat ketika masih merah meradang karena dapat menyebabkan infeksi.
  5. Kompres kembali dengan air teh apabila memang masih terasa nyeri.

Selamat mencoba. Baca juga artikel kami lainya: Cara Merawat Kulit Berjerawat Secara Alami.
Tags:

No comments:

Post a Comment


© Technology 2013 All rights reserved Template by Buhth